Breaking News

Sejarah Baru, Quraishi Jadi Muslim Pertama Hakim Federal AS

,
Sejarah Baru, Quraishi Jadi Muslim Pertama Hakim Federal AS
Zahid Quraishi.

NEWJERSEY -- Senat Amerika Serikat (AS) mengukuhkan Zahid Quraishi sebagai Hakim Distrik New Jersey. Ia menjadi muslim pertama yang menjabat sebagai hakim federal AS.

"Pak Quraishi akan menjadi Muslim pertama dalam sejarah Amerika Serikat yang menjabat sebagai hakim federal Pasal III, (Islam) agama terbesar ketiga di AS dan ia akan menjadi yang pertama yang pernah menjadi hakim Pasal III," kata Ketua Senat dari Partai Demokrat Chuck Schumer dalam pidatonya usai pemungutan suara, seperti dikutip CNN, Jumat (11/6).

"Kami tidak hanya perlu memperluas keragaman demografi, tapi ragaman profesional dan saya tahu Presiden (Joe) Biden sepakat dengan saya mengenai hal dan ini akan menjadi sesuatu yang akan saya tetapkan," kata Schumer.

Ia menambahkan Quraishi contoh 'kuat' untuk hal tersebut. Sebelum dikukuhkan Quraishi menjabat hakim kasus ringan di New Jersey. Berdasarkan biografinya pria keturunan Pakistan itu juga Asia-Amerika pertama yang menjabat di pengadilan federal di New Jersey.

Senator dari Partai Demokrat Dick Durbin mengatakan dalam pidatonya Quraishi 'memiliki karir pelayanan publik yang luar biasa' dan putra imigran Pakistan. Pada Maret lalu Biden mengumumkan niatnya untuk mencalonkan Quraishi.

Dari 2008 hingga 2013 ia menjabat sebagai asisten Jaksa AS di Kantor Kejaksaan untuk Distrik New Jersey. Sebelum bergabung dengan Kejaksaan AS, Hakim Quraishi menjabat sebagai asisten kepala dewan Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Ia juga menjabat sebagai jaksa militer dan meraih pangkat Kapten di Korps Advokat Hakim Angkatan Darat AS, ditugaskan ke Irak untuk membantu Operasi Pembebasan Irak dari tahun 2004 hingga 2006.

Komentar

Loading...