Breaking News

Panwaslih Nagan: Jika ada Pelanggaran, Masyarakat Jangan Takut Melapor

,
Panwaslih Nagan: Jika ada Pelanggaran, Masyarakat Jangan Takut Melapor

Mimbarmedia.com,Suka Makmue- Panwaslih Nagan Raya imbau masyarakat, ormas dan OKP untuk melapor jika diketahui adanya dugaan pelanggaran pemilu kepada pengawas pemilu di wilayah hukum Nagan Raya, senin, (19/11).

Hal itu disampaikan oleh, Adam Sani, S.HI., MH Ketua divisi hukum dan penindakan pelanggaran Panwaslih Nagan Raya. Ia mempertegaskan bagi elemen masyarakat jangan takut untuk melapor jika adanya dugaan pelanggaran pemilu, panwaslih akan melakukan kajian terhadap dugaan pelanggaran pemilu tentunya berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Hal itu disampaikan terkait dengan pemberitaan adanya penyelenggara pemilu di Desa Blang Baro Rambong Kecamatan Beutong yang rangkap jabatan sebagai aparatur gampong.
"Kita sudah memerintahkan panwaslu Beutong untuk melakukan investigasi berdasarkan informasi awal dugaan pelanggaran pemilu dan jika terbukti akan dijadikan sebagai temuan untuk diproses berdasarkan peraturan yang berlaku," janji Adam.

Lanjutnya, Panwaslih Nagan Raya tidak kaku terhadap pelaksanaan pengawasan pemilu, pihaknya tidak memiliki kepentingan apapun, yang dilakukan saat ini semua sudah sesuai aturan yang berlaku. bahkan FPI selalu di undang pada acara sosialisasi pengawasan pemilu.

Pengawas pemilu tentunya memiliki mekanisme , tata cara dan prosedur hukum tersendiri dalam menangani dugaan pelanggaran pemilu, termasuk penerimaan laporan maupun temuan. Laporan disampaikan oleh masyarakat yang sudah memiliki hak pilih, pemantau pemilu maupun peserta pemilu sedangkan temuan sifatnya adalah informasi awal yang diketahui termasuk melalui media.

"Sekali lagi kami tegaskan mari sama sama kita awasi pelaksanaan pemilu di Nagan, jika ditemukan dugaan pelanggaran pemilu maka laporkan ke pengawas pemilu insya Allah akan kami tindak lanjuti, hal ini sering kami sosialisasikan kepada masyarakat termasuk OKP, ormas maupun media," tutup Adam Sani.(*)

Komentar

Loading...