Breaking News

Momentun Ramadhan, Siagakan Keluarga Menghadapi Ancaman Bencana.

,
Momentun Ramadhan, Siagakan Keluarga Menghadapi Ancaman Bencana.

Gempa dan Tsunami Aceh Tahun 2004 bukanlah bencana tsunami pertama kali terjadi di Aceh tapi merupakan periode berulang karena tsunami Aceh pernah terjadi lebih dari sepuluh kali di Aceh, pada masa ratusan sampai ribuan tahun lalu.

Kesiapsiagaan diri, keluarga dan komunitas menghadapi ancaman berbagai jenis bencana, gempa bumi, tsunami, banjir, longsor, letusan gunung api perlu dipersiapkan dan terus dilatih melalui simulasi evakuasi mandiri karena keberhasilan selamat dari suatu bencana bukanlah seseuatu yang kebetulan tapi atas izin Allah SWT dan keahlian pribadi maupun masyarakatnya menghadapi ancaman bencana.

Hari Kesiapsiagaan Bencana atau disingkat HKB yang telah diinisiasi oleh Badan Nansional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejak Tahun 2017 lalu dan senantiasa dilaksanakan pada tanggal 26 April tiap tahunnya di seluruh penjuru Negeri oleh pribadi, keluarga dan berbagai komunitas lintas organisasi/agama serta Pemerintah/Pemerintah Daerah, baik yang dilaksanakan di lokasi tempat budaya, pariwisata misalnya pantai, lokasi sentra ekonomi kreatif, kantor, sekolah, kampus, fasilitas publik lainnya, hal ini merupakan bagian dari ikhtiar bersama untuk meningkatkan kapasitas masyarakat Indonesia menuju ketangguhan Bangsa menghadapi bencana.

Sejak di inisiasi Hari Kesiapsiagaan Bencana tanggal 26 April 2017 lalu oleh BNPB, saya dan keluarga senantiasa melaksanakan simulasi evakuasi mandiri gempa dan tsunami karena gempa dan tsunami termasuk ancaman bencana yang berada di lokasi tempat tinggal kami tak terkecuali Tahun 2004 lalu, saat Aceh dilanda Gempa dan Tsunami dahsyat, lokasi tempat tinggal kami di seputaran Lapangan Blang Padang, tepatnya di Gampong Sukaramai Kecamatan Kota Banda Aceh, termasuk lokasi landaan tsunami Aceh.

Mari, bersama kita siapkan diri, keluarga dan komunitas kita menghadapi ancaman bencana dengan senantiasa meningkatkan kapasitas dan pemahaman kita semua terhadap ancaman bencana disekitar tempat tinggal sehingga kita #SiapUntukSelamat

Dengan momentun Ramadhan 1442 H / 2021 M, mari bersama kita ramaikan dan sukseskan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 26 April 2021, baik secara mandiri dengan keluarga di rumah masing-masing dan atau bersama komunitas masyarakat setempat maupun simulasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah/Pemerintah Aceh/Pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Simulasi HKB Tahun 2021 tentu akan sedikit berbeda dengan simulasi Tahun sebelumnya karena saat ini Covid19 sedang melanda Negeri tercinta Indonesia tak terkecuali Aceh. Oleh karenanya simulasi dimasa pandemi Covid-19 akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Dae Wan

(Wakil Ketua PWPM Aceh, Bidang Budaya, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Staf BPBA/Wakil Sekretaris DPD KNPI Aceh Bidang Penanggulangan Bencana Alam)

Komentar

Loading...