Breaking News

Masyarakat Mibo Santuni Anak Yatim

Masyarakat Mibo Santuni Anak Yatim

MIMBARACEH.COM, BANDA ACEH -- Keceriaan terpancar dari wajah anak-anak yatim Gampong (Desa) Mibo, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, di bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah. Sebab, di tengah wabah Covid-19 yang mendera perekonomian, mereka senang bisa mendapat santunan dari masyarakat gampongnya.

Rasa haru bercampur bahagia itu karena merasa masih ada yang memperhatikan mereka, dan membuat senyum mengembang di wajah anak-anak. Sejenak mereka seolah lupa dengan situasi pandemi yang tengah melanda bangsa ini.

"Kita ingin agar anak-anak yatim ini bisa menikmati lebaran seperti keadaan normal. Idul Fitri makin dekat, kita perlu berbagi agar mereka bisa suka cita menyambut Idul Fitri, manfaatkan santunan ini dengan baik untuk keperluan hari raya. Jangan lihat nilainya, ini wujud kepedulian warga Mibo," kata Fakhrurrazi Keuchik Gampong Mibo,  di Meunasah (Mushalla) setempat kepada media ini, Ahad (2/5/2021) malam.

Fakhrurazi menambahkan, ada beberapa keutamaan bagi yang menyantuni anak yatim. Di antaranya akan membersihkan pikiran, menghilangkan kekerasan hatinya, sekaligus menjadikan hati orang bersangkutan menjadi lembut. "Kalau ingin hatinya lembut maka kita santuni anak yatim," ucapnya. 

Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Namun, kali ini dilaksanakan secara terbatas dan sederhana karena situasi pandemi Covid-19. "Alhamdulillah warga kita sangat antusias memberi bantuan untuk kegiatan santunan anak yatim ini," ujarnya.

Ditambahkan Fakhrurrazi, sehari sebelumnya (Sabtu, 1/5/2021) masyarakat gampong Mibo juga telah mengadakan "khanduri Tamaddaroih" atau memperingati nuzulul qur'an. kegiatan ini juga menjadi kegiatan tahunan, dengan mengundang warga sekitar gampong Mibo dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Sementara itu, Tgk Burhanuddin, Wakil Imam Gampong Mibo dalam ceramah singkatnya mengatakan kita perlu memuliakan anak-anak yatim. Jangan pernah sia-siakan kesempatan untuk menyantuni anak yatim sebab tidak hanya berguna sebagai jaminan surga di akhirat, namun Allah SWT juga sudah merencanakan akan memenuhi kebutuhan hidup bagi seseorang yang menyantuni anak yatim.

Apabila menyantuni anak yatim dilakukan, maka akan seperti berinfak di jalan Allah dan Allah SWT juga akan melipatgandakan harta bagi hamba yang menyantuni anak yatim tersebut. "Disetiap rezeki atau harta yang kita peroleh, disitu ada hak anak yatim,fakir miskin dan lainya. maka itu mari terus kita berbuat baik untuk dunia dan akhirat." Pinta Syekh Burhan, pangilan Tgk Burhanuddin sehari-hari. 

Komentar

Loading...