Breaking News

Manfaat Minyak Zaitun Buat Tubuh

,
Manfaat Minyak Zaitun Buat Tubuh
Ilustrasi minyak zaitun

MIMBARACEH.COM, JAKARTA -- Minyak Zaitun dikenal bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Minyak ini mengandung asam lemak dan hingga 230 senyawa lainnya dalam jumlah yang sangat kecil. Ini termasuk senyawa polifenol yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh manusia. Antioksidan sangat bagus karena mereka memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh penuaan, stres dan kehidupan sehari-hari dan mereka juga bekerja melawan peradangan.

Dilansir dari netdoctor.co, Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk tubuh:

1. Bisa Memperpanjang Usia

Penelitian terbaru menunjukkan konsumsi minyak zaitun bisa hidup lebih lama.

Nilai minyak zaitun berasal dari nutrisinya yaitu vitamin seperti E dan K, asam lemak omega 3 dan antioksidan. Dengan kandungan tersebut, membuat tubuh lebih sehat dan awet muda.

2. Melawan Kanker

Penelitian telah menunjukkan beberapa komponen minyak zaitun dapat mencegah perkembangan dan perkembangan kanker karena banyak mekanisme termasuk efek antioksidan.
Dengan kata lain, mengurangi efek stres dan kerusakan sehari-hari pada DNA dan sel. Asam oleat dianggap mengurangi peradangan dan dapat memengaruhi gen yang terkait dengan kanker. Namun, banyak penelitian awal dilakukan di laboratorium sehingga dibutuhkan lebih banyak penelitian manusia.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Polifenol adalah salah satu bahan minyak zaitun yang paling berharga. Sebuah studi baru menunjukkan konsumsi rutin minyak zaitun extra virgin dapat menurunkan tekanan darah sistolik atau tekanan darah tertinggi. Ini adalah jumlah yang meningkat secara alami seiring bertambahnya usia saat arteri menegang. Secara historis dianggap bahwa polifenol membantu meningkatkan fungsi endotelium, yang merupakan lapisan pembuluh darah dan jantung. Hasil ini hanya terjadi pada minyak zaitun extra virgin dengan asumsi kandungan polifenolnya lebih tinggi.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Minyak zaitun dapat melindungi dari stroke dan penyakit kardiovaskular dan efeknya bisa lebih kuat pada minyak zaitun murni. Minyak zaitun telah terbukti mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Membantu Melawan Demensia

Diet Mediterania dikenal dapat menurunkan risiko demensia tetapi minyak zaitun extra virgin mungkin merupakan kunci emas yang sebenarnya. Ini dapat mengurangi pembentukan plak beta amiloid dan kusut di dalam otak yang menyebabkan Alzheimer sehingga melindungi memori.

Komentar

Loading...