Breaking News

Lamlagang Juara Umum Jambore Banda Raya

,
Lamlagang Juara Umum Jambore Banda Raya
Ketua Tim PKK Banda Raya, dr Rosni Darwis, Bersama Peserta Lomba Jambore.

MIMBARACEH.COM, BANDA ACEH -- Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Banda Raya mengadakan Jambore PKK di halaman kantor camat setempat, pada perlombaan tersebut Gampong Lamlagang memperoleh juara umum.

Kegiatan bertemakan “Dengan Jambore, PKK Berdaya Masyarakat Sejahtera, Menuju Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah” ini diikuti 10 gampong dan berlangsung dari 22-23 Maret 2021, kata Ketua TP PKK Banda Raya, dr Rosni Darwis kepada media ini, selasa, 23 maret 2021.

Lebih lanjut Ia mengatakan, kegiatan jambore awalnya direncanakan tahun 2020 lalu. Namun, karena pandemi Covid-19 ditunda hingga tahun ini. Kegiatan Jambore sudah menjadi kegiatan tahunan PKK di tingkat kabupaten/kota serta provinsi tapi belum pernah dilakukan di tingkat kecamatan sehingga setiap tahun membuat pihaknya kewalahan dalam mengirim peserta yang ikut di ajang Jambore PKK tingkat Kota Banda Aceh.

“Tapi tingkat kecamatan belum pernah ada sepertinya dan selalu ketika jambore kota diminta peserta dari kecamatan disitu sibuk mencari peserta untuk beberapa lomba, jadi inisiatif dari PKK gampong dan Kecamatan nanti siapapun pemenangnya akan langsung otomatis mewakili di tingkat Kota,” katanya.

Ditambahkan Rosni, setidaknya ada lima cabang perlombaan yang ikut diperlombakan di Jambore PKK kali ini yaitu, lomba yel-yel, cerdas cermat, merangkai sirih, rangking 1 dan berpidato.

“Jadi semua Ketua PKK gampong kita wajibkan supaya bisa berbicara, diawal agak keberatan tapi pelan pelan sudah latihan sekarang mereka sudah percaya diri, dan Alhamdulillah pada tahun ini gampong Lamlagang juara umum,” lanjutnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat memperkuat silaturrahmi pengurus PKK antar gampong di Kecamatan Banda Raya.

“Jadi intinya kita dapat meningkatkan silaturrahmi jadi semua gampong bisa bertemu disini,” harapnya.

Sementara itu, Wakil ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga (TP- PKK) Kota Banda Aceh Fauziah memberikan apresiasi kepada pengurus TP PKK Kecamatan Banda Raya atas inisiatif melaksanakan kegiatan Lomba Jambore PKK Tingkat Kecamatan, hal itu dikatakannya saat membuka acara perlombaan Jambore PKK tingkat Kecamatan Banda Raya. senin, 22 Maret 2021

Apresiasi juga disampaikan kepada seluruh kader PKK gampong Kecamatan Banda Raya yang telah berpartisipasi dan penuh semangat untuk mengikuti kegiatan jambore ini, katanya.

Salah satu tujuan diadakannya kegiatan Lomba Jambore PKK untuk refreshing, dan juga sebagai sarana untuk saling berdiskusi, saling bertukar pikiran dan pengalaman yang dapat diterapkan dan dikembangkan di wilayah gampong masing-masing.

Hal senada disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Tati Meutia Asmara, awal mula munculnya ide Jambore PKK kecamatan ini saat ia melakukan reses bersama para ibu di Kecamatan Banda Raya pada tahun 2020 silam. Lalu ia mendukung dengan mengusul di dalam APBK melalui pokirnya.

“Menjawab kebutuhan dari pada konsituen dan warga artinya kita mengawali dengan mengadakan reses dan disitu saya mendengar harapan ibu-ibu kita untuk kemudian ada suatu kegiatan untuk mereka bisa saling bersilaturrahmi dan mengembangkan diri,” ungkapnya.

Menurutnya, ibu-ibu PKK merupakan garda terdepan yang punya mentalitas siap untuk berkhitmat, bersosialisasi dan menjadikan PKK ini betul betul bukan hanya etalase.

Katanya lagi, tujuan utama diadakan kegiatan ini adalah untuk memperkuat hubungan silaturrahmi antar pengurus PKK di gampong selain mengasah keterampilan diri.

Ia berharap, dengan hadirnya Jambore tingkat kecamatan dapat memperkuat koordinasi antar gampong di Kecamatan Banda Raya.

Berikut juara lomba pada Jambore PKK Banda Raya

1. Lomba Yel-yel

1.       Tim Gampong Lhong Raya

2.       Tim Gampong Lampeuot

3.       Tim Gampong Lam Ara

2. Lomba Rangking  I

1.       Tim Gampong Geuceu Kayee Jato

2.       Tim Gampong Geuceu Komplek

3.       Tim Gampong Geuceu Kayee Jato

3. Lomba Cerdas Carmat

1.        Tim Gampong Lamlagang

2.       Tim Gampong Geuceu  Kayee Jato

3.       Tim Gampong Lhong Raya

4. Lomba Merangkai Sirih

1.        Tim Gampong Lamlagang

2.       Tim Gampong Lam Ara

3.       Tim Gampong Lhong Cut

5. Lomba Pidato Ketua PKK Gampong

1.        Tim Gampong Lampeuot

2.       Tim Gampong Mibo

3.       Tim Gampong Peunyerat.

 

Komentar

Loading...