Breaking News

Indonesia Imbangi Thailand, Poin Perdana dan Sajian Fakta Menarik Lainnya

,
Indonesia Imbangi Thailand, Poin Perdana dan Sajian Fakta Menarik Lainnya
foto: pssi.org

Banda Aceh - Timnas Indonesia menahan imbang Thailand 2-2 pada lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis 3 Juni di Stadion Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab.

Indonesia sempat dua kali tertinggal lewat gol Narubadin Weerawatnodom pada menit 4 dan gol Adisak Kraisorn menit 50. Namun Indonesia berhasil mengejar lewat sontekan Kadek Agung menit 39 dan tendangan Evan Dimas menit 60.

Hasil imbang ini memberi Indonesia poin perdana, yakni satu poin. Dalam laga sebelumnya di grup G, Evan Dimas dkk belum pernah meraup poin karena selalu menderita kekalahan dari lawan-lawannya.

Meski imbang, faktanya pasukan Shin Tae-Yong masih tetap berada di dasar klasemen. Sementara Thailand menempati posisi tiga dengan raihan sembilan poin. Puncak klasemen masih dikuasai Vietnam dengan koleksi 11 poin, UEA di posisi runner up.

Selain itu, dibalik laga seru Indonesia-Thailand masih menyisakan fakta-fakta menarik lainnya, berikut fakta-fakta tersebut:

1. Pertandingan Indonesia vs Thailand mempertemukan dua pelatih eks Piala Dunia. Indonesia diarsiteki Shin Tae-Yong yang pernah membesut Korsel pada Piala Dunia 2018. Sementara pelatih Thailan, Akira Nishino pernah membawa Jepang lolos ke 16 besar Piala Dunia di tahun yang sama.

2. Duel Indonesia vs Thailand yang berakhir imbang 2-2 menegaskan Shin Tae-Yong masih unggul atas rivalnya. Sebagai pelatih keduanya pernah saling berhadapan pada ajang Chamion Asia 2010. Saat itu Shin Tae-Yong yang membesut klub Seongnam mampu mengalahkan Gamba Osaka yang ditangani Akira Nishino dengan skor 3-0.

3. Pada laga yang digelar di Dubai UAE, Shin Tae-Yong memboyong skuf muda. Rata-rata usia pemain Indonesia adalah 22 tahun, belum pernah dilakukan pelatih Indonesia lainnya di level senior, apalagi di ajang resmi sebesar kualifikasi Piala Dunia.

4. Laga ini berlangsung seru dan menegangkan, bukan hanya pemain tapi pelatihpun ikut tersulut emosi. Pada menit ke-77, Shin Tae-yong diganjar kartu kuning oleh wasit karena protes keras atas keputusan wasit memberi hadiah corner untuk Thailand padahal bola sundul pemain negeri Gajah Putih itu tidak mengenai pemain Indonesia.

5. Laga keras ini juga merugikan Indonesia yang harus kehilangan Egy Maulana Fikri dan Witan Sulaiman yang terpaksa ditarik keluar karena cedera.

6. Shin Tae-Yong menjadi pelatih pertama Indonesia yang berani membawa skuad muda ke ajang kualifikasi Piala Dunia. Rata-rata usia pemain Indonesia yang diboyong ke Dubai adalah 21,8 tahun. Sangat sedikit pemain senior yang diberikan kepercayaan oleh Shin Tae-Yong, salah satunya Evan Dimas yang kemudian ditunjuk sebagai kapten kesebelasan.

7. Indoesia beruntung tidak diganjar hadia pinalti. Pada akhir laga, pemain timnas yang memperkuat Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam handsball usai salah mengontrol bola, namun wasit tidak melihat bola mengenai tangan pemain asal Makassar tersebut.

Komentar

Loading...