Breaking News

Global Waqaf dan ACT Ajak Para Dermawan Bantu Masyarakat Basmi Kemiskinan

Global Waqaf dan ACT Ajak Para Dermawan Bantu Masyarakat Basmi Kemiskinan

MIMBARACEH.COM, BANDA  ACEH –  Global Waqaf dan ACT pertemukan para dermawan dalam kegiatan Waqf Economic Forum dengan tema Kebermanfaatan Tanpa Batas. Dengan potensi wakaf di Indonesia khususnya Aceh yang sangat besar manfaatnya apabila diarahkan untuk mensejahterakan masyarakat. Kamis, (1/04/21).

Selama ini masyarakat masih mengangap waqaf hanya seputar madrasah, makam dan masjid. Padahal waqaf juga bisa berdampak besar apabila dana waqaf dimanfaatkan dan dikembangkan kearah yang lebih produktif. 

Presiden Global Waqaf N. Imam Akbari mengatakan, waqaf itu sesungguhnya adalah solusi membangun peradaban, waqaf itu sesungguhnya puncak filantropi dalam islam dan waqaf itu juga sumber daya luar biasa yang harus kita kelola dengan pendekatan ekonomi produktif dan akan bisa memberikan solusi yang begitu banyak dengan problematika ummat yang bisa menyeret siapapun yang menderitanya kedalam kekufuran yakni kemiskinan.

Imam menyebut, dalam situasi pandemic saat ini yang telah berdampak pada kondisi ekonomi yang sedang terpuruk ini telah mengingatkan kita bahwa Allah telah memberikan resep ampuh mengatasinya yaitu waqaf.

Tanah Aceh kita pilih dalam rangkaian ekonomi forum adalah tanah yang rakyatnya memiliki jiwa – jiwa kedermawanan dan rakyat Aceh adalah jiwa – jiwa kepahlawanan yang telah dikenal sejak dulu. Kegiatan ini tidak hanya sebatas forum tapi kita ingin mengajak para dermawan dan membangun kesejahteraan ummat dengan membasmi segala bentuk kemiskinan, sehingga ummat kita punya marwah, punya gezah yang luarbiasa, ujarnya.

Terkahir ia mengatakan, dengan program yang kita inisiasi dalam bentuk waqaf ekonomi produktif, waqaf pangan produktif dan waqaf ternak produktif. Semoga yang kita bincangkan hari ini menjadi aksi – aksi nyata yang menghasilkan sebuah Gerakan waqaf sebagai solusi peradaban masa didepan.

Ketua Dewan Pembina Global Waqaf dan Aksi Cepat Tanggap, Ahyudin mengatakan Global Waqaf dan ACT merupakan Lembaga kemanusiaan yang sudah bergerak sejak tahun 2005 dan telah membantu saudara – saudara kita yang terdampak bencana alam bahkan peristiwa kemanusiaan diluar negeri sekalipun.  Bencana yang dimaksud bukan hanya soal bencana alam atau akibat konflik tapi juga bencana yang lebih besar adalah bencana kemiskinan yang lebih dahsyat.

Selama ini, pembahasan pengatasannya kemiskinan teralu banyak pada tataran normative namun minim aksi. Kemiskinan yang terjadi telah dirusak oleh modal, namun kita bisa perbaiki pula dengan modal. Maka untuk membasmi kemiskinan kita harus kuasai ekonomi. Bayangkan dengan sumber modal dari dua setengah persen dari setiap waqaf ummat akan menggetarkan ekonomi dunia, ujarnya.

Global Waqaf punya program pangan produktif, sawah produktif, air produktif dan waqaf modal produktif. Kita tahu bahwa siapa yang menguasai pangan dia akan menguasai dunia. Maka dari itu setiap donasi waqaf dari ummat akan kita jadikan sebagai dana waqaf sebagai pondasi pembangunan ummat melalui waqaf produktif, tuturnya.

Komentar

Loading...