Breaking News

Diprediksi Gerhana Bulan akan Muncul dalam Waktu Dekat, Ini Jadwalnya

Diprediksi Gerhana Bulan akan Muncul dalam Waktu Dekat, Ini Jadwalnya

BANDA ACEH -- Gerhana Bulan atau khusuful qamar diprediksi akan kembali muncul dalam beberapa hari kedepan tepatnya pada tanggal 26 Mei 2021 atau 14 Syawal 1442 Hijriyah. Selasa, 18 Mei 2021.

Berdasarkan surat edaran No. B-1753/Kw.01.6/BA.03/05/2021 yang dikirim kepada Kantor Berita Mimbaraceh.com, perhitungan tim falaqiyah Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Aceh mengabarkan akan terjadi fenomena alam yang berkaitan dengan ibadah umat berupa gerhana bulan total di wilayah Indonesia.

Adapun untuk wilayah Aceh, puncak gerhana bulan akan terjadi pada pukul 19.52 WIB di Akhir Fase sebagian dan pada pukul 20.49 di Akhir Panumbra.

Kemenang Provinsi Aceh menerangkan, Gerhana bulan dapat diamati secara langsung setelah matahari terbenam pada arah timur diseluruh Provinsi Aceh dalam bentuk bulan sabit hingga penuh kembali dalam bentuk bulan purnama.

Secara keseluruhan, durasi gerhana berkisar antara 5 Jam 2 Menit 5 Detik dan durasi gerhana sebahagian berkisar 3 Jam 7 Menit 25 detik. Durasi untuk wilayah Aceh diperhitungkan berkisar 1 Jam 2 Menit s.d 1 Jam 14 Menit.

Dalam edaran tersebut turut menghimbau kepada instansi terkait, ormas islam, pengurus Masjid/Mushalla dan masyarakat Aceh agar dapat melaksanakan shalat sunnah khusuf (gerhana bulan) di seluruh masjid/mushalla pada waktu tersebut atau dapat dilaksanakan setelah shalat maghrib berjamaah di wilayah masing - masing.

Anjuran

Kanwil Kemenag Aceh mengingatkan agar tidak mengaitkan gerhana bulan dengan kematian, musibah atau hal-hal buruk lainnya, karena gerhana bulan merupakan fenomena alam untuk menegaskan keagungan dan kebesaran Allah. Selain itu, masyarakat diajak agar memperbanyak istigfar, takbir, sedekah dan bentuk - bentuk ketaatan lainnya dalam rangka mengagungkan kebesaran Allah.

Komentar

Loading...