Breaking News

BPBA Laksanakan Simulasi Gempa dan Tsunami pada Hari Kesiapsiagaan Bencana 

,
BPBA Laksanakan Simulasi Gempa dan Tsunami pada Hari Kesiapsiagaan Bencana 

MIMBARACEH.COM, BANDA ACEH -- Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaksanakan Simulasi Gempa Bumi dan Tsunami dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), Senin (26/4).

Kepala Pelaksana BPBA, Dr. Ir. Ilyas, MP, menjelaskan Simulasi Gempa Bumi dan Tsunami ini dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana tanggal 26 April 2021 merupakan sarana melatih kemampuan personil BPBA, merespon kejadian bencana dalam hal ini bencana Gempa Bumi dan Tsunami.

“Selama ini, BPBA senantiasa melaksanakan aktivasi sirine tsunami pada tanggal 26 tiap bulannya pada pukul 10.00 WIB, dimana 3 sirine tsunami yang berada di Kota Banda Aceh yaitu sirine di Kantor Gubernur Aceh, sirine di Lampulo dan sirine di Blang Oi dan 3 sirine tsunami yang berada di Kabupaten Aceh Besar yaitu sirine di Lhoknga, sirine di Lam Awe dan sirine di Kahju di aktiviasi setiap bulannya dalam pemeliharaan alat sekaligus simulasi kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi ancaman bencana Gempa Bumi dan Tsunami yang sewaktu-waktu dapat terjadi” kata Kalak BPBA.

“Aktivasi 6 sirine tersebut melibatkan Instansi/Lembaga terkait seperti BMKG Mata Ie, BPBD Kota Banda Aceh, BPBD Kabupaten Aceh Besar, Basarnas Aceh, RAPI Aceh, termasuk Muspika dan Perwakilan Gampong, tempat lokasi sirine tsunami berada. Aktivasi sirine ini rutin dilakukan tiap bulannya pada tanggal 26 pukul 10.00 WIB.” lanjut Kalak BPBA yang biasa disapa Abi Ilyas.

Abi Ilyas menjelaskan, kegiatan Simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana, 26 April 2021 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan BPBA, sebelumnya BPBA juga telah melaksanakan kegiatan dalam rangka mitigasi dan pengurangan risiko bencana di Aceh antara lain, pembentukan dan simulasi Sekolah Aman Bencana di Kabupaten Aceh Jaya, Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Kabupaten Aceh Tengah dan menyusul nanti Simulasi Banjir di Kabupaten Aceh Utara.

Sementara, Simulasi HKB Tahun 2021 yang dilaksanakan hari ini, tanggal 26 April 2021, melibatkan seluruh Pejabat dan Staf di lingkungan BPBA juga Instansi dan Lembaga terkait seperti BMKG Mata Ie, BPBD Kota Banda Aceh, BPBD Kabupaten Aceh Besar dan Rapi Aceh dengan jumlah peserta sekitar 150 orang.

Adapun rangkaian simulasi Gempa Bumi dan Tsunami ini dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana tanggal 26 April 2021 dimulai sekitar pukul 09.50 WIB ditandai dengan peniupan pluit dua kali dengan nada panjang oleh pengawas simulasi BPBA, dilanjutkan membunyikan sirine manual (hand sirine) oleh petugas BPBA.

Selama 10 menit awal pelaksanaan simulasi gempa bumi dan tsunami, terjadi percakapan antara pihak BPBA, BMKG, BPBD Kota Banda Aceh dan BPBD Kabupaten Aceh Besar terkait prakiraan cuaca dan kondisi umum masyarakat setempat digambarkan sedang melaksanakan aktivitas hariannya masing-masing seperti bekerja, bertani dan lainnya. [Dae)

 

Komentar

Loading...